Home / Uncategorized / Membuat mini Air conditioner (AC)

Membuat mini Air conditioner (AC)

membuat mini conditioner adalah sarana sederhana memdinginkan udara di sekitar kita saat kita lagi di depan komputer atau lagi belajar atau juga apalah yang sifatnya di rumah maupun di kamar.
Pada artikel kali ini, saya ingin berbagi ilmu untuk mengatasi suhu yang panas karena musim kemarau (khususnya yang berada di wilayah Surabaya). Kali ini saya akan berbagi cara untuk membuat “Air Conditioner” mini yang bisa dipakai dikamar atau saat kita sedang bekerja di depan komputer. Teknologinya sangat sederhana, hemat energi, hemat biaya dan tentunya bisa menjadi teman disaat kita merasa gerah.

Mini Air Conditioner


Cara membuatnya sangat mudah, kita tinggal menyediakan perlengkapan berikut ini :

  1. Kotak styrofoam (yang biasa dipakai tempat nasi).
  2. Kipas pendingin CPU (bisa baru atau bekas asal masih berfungsi).
  3. Lem Super atau perekat yang kuat.
  4. Heatsink PC (elemen yang biasa dipakai sebagai pendingin komputer).
  5. Es Batu (disarankan yang berbentuk kotak atau peltier).


Setelah bahan dan perlengkapan sudah siap, sekarang kita mulai pengerjaan membuat Mini Air Conditioner. Caranya seperti berikut :

Pisahkan kotak styrofoam bagian atas dan bawah, lalu lubangi bagian atas kotak styrofoam. Buatlah 3 lubang untuk keluarnya udara melalui kipas, untuk masuknya udara dan untuk kabel. Bentuk kotak udara terserah dengan selera anda, bisa kotak, bundar atau yang lain, asal tidak terlalu besar agar proses penghisapan udara bisa maksimal.

Pisahkan kotak dan buatlah lubang


Kemudian pasang kipas cpu dan heatsink pc, di kotak styrofoam bagian atas yang sudah dilubangi tadi. Gunakan lem atau perekat lain dan potongan kardus sebagai media untuk menyangga komponen agar bisa menempel pada tempatnya.

Pasang kipas cpu dan heatsink pada kotak bagian atas


Selanjutnya isi kotak styrofoam sisi bagian bawah dengan es batu dan sedikit air dingin. Air jangan terlalu banyak supaya es batunya tidak cepat mencair.

Taruh es batu dengan sedikit air pada kotak bagian bawah


Lalu langkah yang terakhir, kita satukan kotak styrofoam bagian atas dengan bagian bawah. Menyatukannya tidak perlu di lem, cukup diberi ditempel isolasi (yang bening) saja di tiap sudutnya.

Satukan kotak bagian atas dan bagian bawah

Nah… jika semua prosedur sudah dilakukan, sekarang kita hubungkan mini air conditioner dengan power. Untuk power atau sumber energinya bisa memakai 2 cara, yaitu dengan menggunakan baterai atau menggunakan kabel port usb (sehingga bisa dihubungkan dengan komputer).

Power menggunakan baterai


Power menggunakan kabel usb


Prinsip kerja mini air conditioner ini adalah sebagai berikut. Saat kita sudah menyambungkan kipas dengan sumber energi, lalu kipas akan berputar dan menghisap udara luar melalui lubang (kotak atas) bagian belakang. Lalu udara tersebut akan melewati air, es batu, dan heatsink atau (pendingin cpu) kemudian dihembuskan keluar menjadi udara yang lebih dingin.

Prinsip kerja Mini Air Conditioner


Gimana?… Mudah sekali khan cara membuatnya?
Bahan dan perlengkapannya juga sangat murah meriah serta mudah didapatkan. Sehingga jika kita punya mini air conditioner ini, kita tidak perlu lagi menyalakan kipas angin atau AC hanya untuk mendinginkan kita seorang. Biaya listrik akan lebih hemat.


Selamat mencoba ya…


Sumber : http://arie5758.blogspot.com/2011/10/membuat-mini-air-conditioner-ac-memakai.html#ixzz2Xl96AVRu

Mungkin Artikel Ini Yang Anda Cari

About admin

Check Also

keterangan menu-menu profitclicking

Seperti yang kita ketahui bersama, Profitclicking adalah perkembangan dari Justbeenpaid/ Jss. Berikut beberapa menu seperti ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *